Tuesday, May 29, 2018

Kegawat Daruratan Obstruksi Jalan Nafas


BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
      Sistem respirasi manusia mempunyai gambaran desain umum yang dapat dihubungkan dengan sejumlah aktivitas penting. Secara esensial tentunya sistem ini terdiri dari permukaan respirasi dan bercabang menjadi pasase konduksi yang membentuk pohon pernafasan. Permukaan respirasi ini sangat luas kurang lebih 200 m2, dan membentuk sesuatu yang sangat tipis, barier yang lembab untuk udara dan kapiler darah mengelilingi berjuta-juta kantong yang disebut alveolus yang akhirnya membentuk suatu massa paru-paru. Bila pada saluran pernafasan mengalami gangguan maka akan mengganggu proses respirasi, seperti adanya gedera yang memerlukan tindakan darurat.
Keadaan Gawat Darurat Keadaan yang menimpa seseorang  atau banyak orang akibat suatu perjalanan penyakit atau rudapaksa. Terjadinya  secara Mendadak Dimana saja Menyangkut siapa saja. Sifatnya mengancam jiwa dan perlu penanganan segera secara Cermat, Tepat, Cepat. Bila tidak segera ditangani mengakibatkan kematian, kecacatan, kehilangan anggota tubuh, dan sebagainya.
Pernafasan dapat terganggu dengan beberapa cara obstruksi jalan nafas, perubahan gas dalam paru-paru yang tidak normal, kondisi yang  mempengaruhi fungsi paru-paru.
Tersedak makanan merupakan penyebab kematian yang tidak disengaja keenan yang paling sering terjadi. Sekitar 80 % AFB pada anak adalah bahan makanan, yang sering adalah kacang tanah atau kacang-kacangan lain. Sekitar 10% AFB adalah logam. Orang dewasa yang ompong atau terganggu secara neurologis atau mental dapat lebih mudah mengalami aspirasi benda asing. AFB paling sering terletak di bronkus utama kanan pada anak-anak berusia lebih dari 3 tahun. Pada anak-anak berusia kurang dari 3 tahun, distribusi antara kanan dan kiri hampir sama.
Oleh karena itu, kita sebagai perawat perlu mengetahui tindakan-tindakan darurat yang bisa dilakukan pada pasien dengan gangguan obstruksi jalan nafas untuk membebaskan jalan nafas. Dalam penjelasan makalah ini terdapat berbagai tindakan darurat yang bisa diterapkan pada pasien dengan gangguan obstruksi jalan nafas.

B.     Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan kerya tulis ini, ibedakan menjadi tujuan umum dan tujuan khusus.
1.      Tujuan Umum
Untuk mengetahui gambaran mengenai konsep dasar obstruksi jalan nafas dan cara penanganan darurat pada pasien dengan gangguan obstruksi jalan nafas.
2.      Tujuan Khusus
a.       Untuk mengetahui pengertian obstruksi jalan nafas
b.      Untuk mengetahui klasifikasi obstruksi jalan nafas
c.       Untuk mengetahui penyebab obstruksi jalan nafas
d.      Untuk mengetahui tindakan diagnosis pada gangguan obstruksi jalan nafas
e.       Untuk mengetahui cara perawatan pada pasien dengan obstruksi jalan nafas
f.       Untuk mengetahui tindakan-tindakan darurat yang umum dapat dilakukan pada pasien dengan obstruksi jalan nafas seperti tindakan :
a.       Abdominal Thrust, Chest Thrust,  Back Blow
b.      Intubasi endotrakeal
c.       Laringotomi dan trakeostomi
d.      Krikotiroidotomi


C.    Sistematika Penulisan
BAB I       : Terdiri dari bahasan tentang Pendahuluan yang berisi tetang latar belakang dibuatnya makalah tentang Prosedur tinkan kegawatdaruratan pada pasien dengan obstruksi jalan nafas, selain itu juga Bab ini berisi tetang tujuan disusun makalah ini, serta bab ini juga berisi tentang sistematika penulisan dari makalah ini.
BAB II      : Terdiri dari bahasan tentang Pembahasan yang berisi tentang pengertian obstruksi jalan nafas, Klasifikasi Obstruksi Jalan Nafas, Penyebab Obstruksi Jalan Nafas, Diagnosis, Perawatan Obstruksi Jalan Nafas, Metode Umum Penanganan Darurat Obstruksi Jalan Nafas berupa tindakan-tindakan seperti : Abdominal Thrust, Chest Thrust,  Back Blow, Intubasi Endotrakeal,  Krikotoroidotomi.
BAB III    : Terdiri dari bahasan tentang Penutup yang berisi tentang kesimpulan dari isi makalah ini dan saran-saran dari penyusun.















BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Obstruksi Jalan Nafas
Obstruksi jalan napas atas adalah gangguan yang menimbulkan penyumbatan pada saluran pernapasan bagian atas.

B.     Klasifikasi Obstruksi Jalan Nafas
Beberapa gangguan yang merupakan obstruksi pada jalan napas atas, diantaranya adalah :
1. Obstruksi Nasal
Merupakan tersumbatnya perjalanan udara melalui nostril oleh deviasi septum nasi, hipertrofi tulang torbinat / tekanan polip yang dapat mengakibatkan episode nasofaringitis infeksi.
2. Obstruksi Laring
Adalah adanya penyumbatan pada ruang sempit pita suara yang berupa pembengkakan membran mukosa laring, dapat menutup jalan dengan rapat mengarah pada astiksia.

C.    Penyebab Obstruksi Jalan Nafas
1. Obstruksi Nasal
a.       Tumor hidung
b.      Faktor rass
c.       Karsinoma Nasofaring
d.      Virus Epstein Barr
e.       Letak geografis
f.       Jenis kelamin : laki-laki > wanita
g.      Faktor lingkungan (iritasi bahan kimia, kebiasaan memasak dengan bahan/bumbu masakan tertentu, asap sejenis kayu tertentu).
h.      Faktor genetik
i.        Polip hidung
j.        Akibat reaksi hipersensitif / reaksi alergi pada mukosa hidung
k.      Aspirasi benda asing seperti kacang-kacangan, dan sebagainya
2. Obstruksi Laring
a.       Kuman aerob dan anaerob
b.      Abses Peritonsil (Quinsy)
c.       Disebabkan oleh kuman streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridans dan streptococcus pyogenes.
d.      Tersedak benda asing seperti permen, koin, kelereng, bakso, dan sebagainya.
e.       Cedera kepala, mandibula, laring, trakea, dan sebagainya.

D.    Diagnosis
Sebelum melakukan tindakan pertolongan pada pasien sebaiknya dilakukan diagnosis untuk menetukan bahwa jalan nafas pasien mengalami obstruksi dini. Amatilah bunyi nafas, kegelisahan dan kebingungan, sianosis pada membrane mukosa ( sering merupakan tanda yang sulit untuk dideteksi ), keringat dan hipertensi ( disebabkan oleh retensi karbondioksida ), denyutan yang cepat ( kemudian menjadi lambat ketika terjadi gagal miokardium ), pergerakan yang kuat pada dinding dada, dan interkostal serta subcostal yang tertarik kedalam.
·         Jika terdapat bunyi nafas wet bubbling, berarti terdapat cairan didalam saluran nafas, yang perlu dikeluarkan.
·         Jika terdapat bunyi stridor inspirasi, mungkin laring tersumbat
·         Jika terdapat bunyi to-and-fro stridor, mungkin trakea yang tersumbat
AFB harus dicurigai berdasarkan  anamnesa dan pemeriksaan fisik. Foto dada harus selalu dilaksanakan, dengan pemahaman bahwa sebagian besar AFB tidak radiopak. Foto saat inspirasi dan ekspirasi mungikin diperlukan pada beberapa kasus, karena udara yang teperangkap dapat menjadi satu-satunya indikasi radiografik objek yang nonradiopak. Bronkoskopi AFB sering diperlukan untuk menegakkan diagnosis definitive dan harus diteruskan jika kecurigaan klinis tinggi, meskipun menghadapi temuan negative pada radiografi dada. Fluoroskopi C-arm dapat membantu, terutama untuk AFB yang terletak dibagian perifer cabang saluran nafas.

E.     Perawatan Obstruksi Jalan Nafas
Segera setelah mengetahui bahwa pasien mengalami obstruksi jalan nafas untuk dilakukan tindakan yakni dengan mengekstensikan leher pasien dan tarik rahang kea rah depan. Keluarkan sisa muntahan dan benda asing dari faring dengan jari tangan. Lalu masukkan oropharingeal airway.
Jika terdapat bising pada pernafasan, gelisah dan berusah untuk bernafas, maka perlu dilakukan intubasi saat pasien masih sadar atau setengah sadar.
Jika pasien tidak sadar, maka dapat dilakukan intubasi seolah-olah pasien dianastesi.
Jika perawat atau tenaga medis menduga bahwa pasien mendapat sedera kolumna vertebrata, maka dengan mengekstensikan leher untuk memasukkan pipa trakea mungkin akan mengakibatkan cedera pada medulla spinalis. Untung, kebanyakan cedera pada kolumna vertebrata adalah bentuk fleksi, sehingga ekstensi sedikit atau posisi netral yang diperlukan untuk intubasi tidak membahayakan asal perlu hindari ekstensi berlebihan.
Jika intubasi gagal atau tidak praktis, lakukan laringotomi dengan jarum, atau pisau, atau tindakan  trakeostomi. Sayangnya, penatalaksanaan laringotomi temporer sulit dilakukan.
Jika pasien mendapat cedera maksilofacialis, mungkin perlu dilakukan menarik lidah pasien kedepan dengan forcep atau sepotong kain, atau memasukkan kateter nasotrakeal, atau memberikan tampon postnasal. Kadang-kadang diperlukan aspirasi bronkoskopik.





F.     Metode Umum Penanganan Darurat Obstruksi Jalan Nafas
Terdapat banyak keadaan yang akan menyebabkan kematian dalam waktu singkat, tetapi semuanya berakhir pada satu akhir yakni kegagalan oksigenasi sel, terutama otak dan jantung. Usaha yang dilakukan untu mempertahankan kehidupan pada saat penderita mengalami keadan yang mengancam nyawa yang dikenal sebagai “Bantuan Hidup” (Life Support). Bila usaha Bantuan Hidup ini tanpa memakai cairan intra-vena, obat ataupun kejutan listrik maka dikenal sebagai Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support).
Yang harus dilakukan pada BHD adalah :
a.       Airway (jalan nafas)
b.      Breathing (pernafasan)
c.       Circulation (jantung dan pembuluh darah)
Jika  seorang pasien dapat melangsungkan hidupnya akibat cedera semula, maka resiko berikutnya yang harus dihadapi adalah masalah obstruksi jalan nafas. Prioritas utama anda adalah memastikan apakah ia dapat bernafas. Akan berbahaya apabila terdapat :
a.       Tidak sadar akibat cedera kepala yang mengakibatkan depresi reflex batuk dan menyebabkan tidak terkontrolnya lidah dan rahang
b.      Wajah, mandibula, atau leher mengalami cedera
c.       Wajah atau saluran nafas terbakar
d.      Laring atau trakea mengalami cedera, walaupun agak jarang terjadi
Satu-satunya tindakan yang penting dalam mencegah obstruksi jalan nafas adalah memastikan bahwa pasien dibawa dalam posisi pemulihan. Setelah itu, pengelolaan selanjutnya adalah dengan metode yang dipergunakan untuk mencegah obstruksi saat anastesi. Hal ini  berdasarkan Prinsip Dasar dari penanganan pada pasien dengan gangguan obstruksi jalan nafas.  Kebanyakan metode yang diberlakukan dapat dengan cepat diterapkan, tetapi jika salah satu metode gagal dilakukan, dapat dicoba metode lainnya. Biasanya dengan metode pertama sudah cukup berhasil. Jika gagal, dan pasien dalam keadaan sadar atau setengah sadar, coba lakukan “awake intubation”. Cara ini aman karena tidak menimbulkan distress, dan dapat diterapkan sesering mungkin. Laringotomi dan trakeostomi jarang diperluka, tetapi apabila pasien benar-benar memerlukannya, maka harus dilakukan secara urgen untuk menyelamatkan jiwanya. Anda akan menemukan bahwa anda sering melakukan intubasi, namun laringotomi dan trakeostomi jarang. Pelaksanaanya sulit dilakukan.
Tindakan-tindakan darurat yang umum dilakukan pada penderita dengan gangguan obstruksi jalan nafas :
1.      ABDOMINAL THRUST, CHEST THRUST,  BACK BLOW
a. Tujuan
Untuk menghilangkan obstruksi di jalan napas atas yang disebabkan  oleh benda asing.

b. Indikasi
Tindakan ini dapat dilakukan pada pasien dengan obstruksi jalan nafas atas yang  ditandai oleh beberapa atau semua dari tanda dan gejala berikut ini :
1.      Secara mendadak tidak dapat berbicara.
2.      Tanda-tanda umum tercekik—rasa leher tercengkeram
3.      Bunyi berisik selama inspirasi.
4.      Penggunaan otot asesoris selama bernapas dan peningkatan kesulitan bernapas.
5.      Sukar batuk atau batuk tidak efektif atau tidak mampu untuk batuk.
6.      Tidak terjadi respirasi spontan atau sianosis
7.      Bayi dan anak dengan distres respirasi mendadak disertai dengan batuk, stidor atau wizing.

c. Kontra indikasi
1.      Pada klien sadar, batuk volunter menghasilkan aliran udara yg besar dan dapat menghilangkan obstruksi.
2.      Chest thrust hendaknya tidak digunakan pada klien yg mengalami cedera dada, seperti flail chest, cardiac contusion, atau fraktur sternal
3.      Pada klien yg sedang hamil tua atau yg sangat obesitas, disarankan dilakukan chest thrusts.
4.      Posisi tangan yg tepat merupakan hal penting untuk menghindari cedera pada organ-organ yang ada dibawahnya selama dilakukan chest thrust.

d. Peralatan
1.      Suction oral, jika tersedia.
2.      Magill atau Kelly forcep dan laryngoscope (untuk mengeluarkan benda asing yang dapat dilihat di jalan napas atas).

e. Persiapan Klien
1.         Posisi klien—duduk, berdiri atau supine.
2.         Suction semua darah/mukus yg terlihat dimulut klien.
3.         Keluarkan semua gigi yg rusak/tanggal.
4.         Siapkan untuk dilakukan penanganan jalan napas yg definitif, misalnya cricothyrotomi.

f. Prosedur Tindakan
1.         Abdominal Thrust
a)      Jika pasien dlm keadaan berdiri/duduk:
1.      Anda berdiri di belakang klien
2.      Lingkarkan lengan kanan anda dengan tangan kanan terkepal, kemudian pegang lengan kanan tsb dg lengan kiri. Posisi lengan anda pd abdomen klien yakni dibawah prosesus xipoideus dan diatas pusat/umbilikus.
3.      Dorong secara cepat (thrust quickly), dengan dorongan pada abdomen ke arah dalam-atas.
4.      Jika diperlukan, ulangi abdominal thrust beberapa kali utk menghilangkan obstruksi jalan napas.
5.      Kaji jalan napas secara sering utk memastikan keberhasilan tindakan ini.
b)      Jika pasien dlm keadaan supine/unconcious:
1.      Anda mengambil posisi berlutut/mengangkangi paha klien.
2.      Tempatkan lengan kiri anda diatas lengan kanan anda yg menempel di abdomen tepatnya di bawah prosesus xipoideus dan diatas pusat/umbilikus.
3.      Dorong secara cepat (thrust quickly), dengan dorongan pada abdomen ke arah dalam-atas.
4.      Jika diperlukan, ulangi abdominal thrust beberapa kali utk menghilangkan obstruksi jalan napas.
5.      Kaji jalan napas secara sering utk memastikan keberhasilan tindakan ini.
6.      Jika mungkin, lihat secara langsung mulut dan paring klien dengan laringoskopi dan jika tampak utamakan mengekstraksi benda asing tersebut menggunakan Kelly atau Megil forcep.

2.            Chest Thrust
a)      Jika posisi klien duduk/ berdiri:
1.      Anda berdiri di belakang klien
2.      Lingkarkan lengan kanan anda dengan tangan kanan terkepal di area midsternal di atas prosesus xipoideus klien (sama seperti pada posisi saat kompresi jantung luar).
3.      Lakukan dorongan (thrust) lurus ke bawah ke arah spinal. Jika perlu ulangi chest thrust beberapa kali utk menghilangkan obstruksi jalan napas.
4.      Kaji jalan napas secara sering utk memastikan keberhasilan tindakan ini.
b)      Jika posisi klien supine:
1.      Anda mengambil posisi berlutut/mengangkangi paha klien.
2.      Tempatkan lengan kiri anda diatas lengan kanan anda dan posisikan bagian bawah lengan kanan anda pada area midsternal di atas prosesus xipoideus klien (sama seperti pada posisi saat kompresi jantung luar).
3.      Lakukan dorongan (thrust) lurus ke bawah ke arah spinal. Jika perlu ulangi chest thrust beberapa kali utk menghilangkan obstruksi jalan napas.
4.      Kaji  jalan napas secara sering  untuk memastikan keberhasilan tindakan ini.
c)      Jika mungkin, lihat secara langsung mulut dan faring klien dengan laringoskopi dan jika tampak utamakan mengekstraksi benda asing tersebut menggunakan Kelly atau Megil forcep.

3.            Back Blow & Chest Thrust
a)      Pada klien Bayi
1.      Bayi diposisikan prone diatas lengan bawah anda, dimana kepala bayi lebih rendah dari pada badannya.
2.      Topang kepala bayi dengan memegang rahang bayi.
3.      Lakukan 5 kali back blow dengan kuat antara tulang belikat menggunakan tumit tangan anda.
4.      Putar bayi ke posisi supine, topang kepala dan leher bayi dan posisikan di atas paha.
5.      Tentukan lokasi jari setingkat dibawah nipple bayi. Tempatkan jari tengah anda pada sternum dampingi dengan jari manis.
6.      Lakukan chest thrust dengan cepat.
7.      Ulangi langkah 1-6 sampai benda asing keluar atau hilangnya kesadaran.
8.      Jika bayi kehilangan kesadaran, buka jalan napas dan buang benda asing jika ia terlihat. Hindari melakukan usapan jari secara “membuta” pada bayi dan anak, karena benda asing dapat terdorong lebih jauh ke dalam jalan napas.
b)     Pada klien  Anak usis 1-8 tahun
a.       Untuk klien yg berdiri/duduk:
1.      Posisi anda dibelakang klien.
2.      Tempatkan lengan anda dibawah aksila, melingkari tubuh korban
3.      Tempatkan tangan anda melawan abdomen klien, sedikit di atas pusar dan dibawah prosesus xipoideus.
4.      Lakukan dorongan ke atas (upward thrusts) sampai benda asing keluar atau pasien kehilangan kesadaran.
b.      Untuk klien pada posisi supine:
1.      Posisi anda berlutut disamping klien atau mengangkangi paha klien.
2.      Tempatkan lengan anda di atas pusar & dibawah prosesus xipoideus.
3.      Lakukan thrust ke atas dengan cepat, dengan arah menuju tengah-tengah dan tidak diarahkan ke sisi abdomen.
4.      Jika benda asing terlihat, keluarkan dengan menggunakan sapuan jari tangan.

g. Komplikasi
1.      Nyeri abdomen, ekimosis
2.      Mual,  muntah
3.      Fraktur iga
4.      Cedera atau trauma pada organ-organ dibawah abdomen atau dada.

h. Pendidikan Kesehatan untuk Klien
1.      Makan secara perlahan perlahan
2.      Potong makanan menjadi kecil-kecil
3.      Kunyah makanan hingga halus
4.      Jangan mengobrol dan tertawa saat mengunyah
5.      Pastikan gigi atau gigi palsu anda dalam keadaan baik
6.      Duduk saat makan
7.      Jaga makanan / mainan yang berukuran kecil / keras seperti kacang, agar jauh dari jangkauan anak di bawah 3 tahun
8.      Larang anak berjalan atau lari saat makan untuk menurunkan kemungkinan aspirasi makanan.

2.      INTUBASI ENDOTRAKEAL
1. Pengertian
Menurut Hendrickson (2002), intubasi adalah memasukkan suatu lubang atau pipa melalui mulut atau melalui hidung, dengan sasaran jalan nafas bagian atas atau trakhea. Pada intinya, Intubasi Endotrakhea adalah tindakan memasukkan pipa endotrakha ke dalam trakhea sehingga jalan nafas bebas hambatan dan nafas mudah dibantu dan dikendalikan.

2. Tujuan
Tujuan dilakukannya tindakan intubasi endotrakhea adalah untuk membersihkan saluran trakheobronchial, mempertahankan jalan nafas agar tetap paten, mencegah aspirasi, serta mempermudah pemberian ventilasi dan oksigenasi bagi pasien operasi. Pada dasarnya, tujuan intubasi endotrakheal (Anonim, 1986) :
a.       Mempermudah pemberian anestesia.
b.      Mempertahankan jalan nafas agar tetap bebas serta mempertahankan kelancaran pernafasan.
c.       Mencegah kemungkinan terjadinya aspirasi isi lambung (pada keadaan tidak sadar, lambung penuh dan tidak ada refleks batuk).
d.      Mempermudah pengisapan sekret trakheobronchial.
e.       Pemakaian ventilasi mekanis yang lama.
f.       Mengatasi obstruksi laring akut.
g.      Untuk menegakkan patensi jalan nafas
3. Indikasi
a)      Indikasi bagi pelaksanaan intubasi endotrakheal menurut Gisele tahun 2002 antara lain :
a.       Keadaan oksigenasi yang tidak adekuat (karena menurunnya tekanan oksigen arteri dan lain-lain) yang tidak dapat dikoreksi dengan pemberian suplai oksigen melalui masker nasal.
b.      Keadaan ventilasi yang tidak adekuat karena meningkatnya tekanan karbondioksida di arteri.
c.       Kebutuhan untuk mengontrol dan mengeluarkan sekret pulmonal atau sebagai bronchial toilet.
d.      Menyelenggarakan proteksi terhadap pasien dengan keadaan yang gawat atau pasien dengan refleks akibat sumbatan yang terjadi.
b)      Dalam sumber lain (Anonim, 1986) disebutkan indikasi intubasi endotrakheal antara lain :
a.       Menjaga jalan nafas yang bebas dalam keadaan-keadaan yang sulit.
b.      Operasi-operasi di daerah kepala, leher, mulut, hidung dan tenggorokan, karena pada kasus-kasus demikian sangatlah sukar untuk menggunakan face mask tanpa mengganggu pekerjaan ahli bedah.
c.       Pada banyak operasi abdominal, untuk menjamin pernafasan yang tenang dan tidak ada ketegangan.
d.      Operasi intra torachal, agar jalan nafas selalu paten, suction dilakukan dengan mudah, memudahkan respiration control dan mempermudah pengontrolan tekanan intra pulmonal.
e.       Untuk mencegah kontaminasi trachea, misalnya pada obstruksi intestinal.
f.       Pada pasien yang mudah timbul laringospasme.
g.      Tracheostomni.
h.      Pada pasien dengan fiksasi vocal chords.
i.        Bila oral tube menghalangi pekerjaan dokter bedah, misalnya tonsilektomi, pencabutan gigi, operasi pada lidah
j.        Pemakaian laringoskop sulit karena keadaan anatomi pasien.
k.      Bila direct vision pada intubasi gagal.
l.        Pasien-pasien yang tidak sadar untuk memperbaiki jalan nafas
m.    Selain intubasi endotrakheal diindikasikan pada kasus-kasus di ruang bedah, ada beberapa indikasi intubasi endotrakheal pada beberapa kasus nonsurgical, antara lain:
1)      Asfiksia neonatorum yang berat.
2)      Untuk melakukn resusitasi pada pasien yang tersumbat pernafasannya, depresi atau abcent dan sering menimbulkan aspirasi.
3)      Obstruksi laryngeal berat karena eksudat inflamatoir.
4)      Pasien dengan atelektasis dan tanda eksudasi dalam paru-paru.
5)      Pada pasien-pasien yang diperkirakan tidak sadar untuk waktu yang lebih lama dari 24 jam seharusnya diintubasi.
6)      Pada post operative respiratory insufficiency.

4. Kontra indikasi
Tidak terdapat indikasi yang absolute, namun demikian edema jalan nafas bagian atas yang buruk atau fraktur dari wajah dan leher dapat memungkinkan dilakukannya intubasi.
Tetapi Menurut Gisele, 2002 ada beberapa kontra indikasi bagi dilakukannya intubasi endotrakheal antara lain :
a.       Beberapa keadaan trauma jalan nafas atau obstruksi yang tidak memungkinkan untuk dilakukannya intubasi. Tindakan yang harus dilakukan adalah cricothyrotomy pada beberapa kasus.
b.      Trauma servikal yang memerlukan keadaan imobilisasi tulang vertebra servical, sehingga sangat sulit untuk dilakukan intubasi.




5. Peralatan
a.       Endotrakeal (ET) Tube dalam berbagai ukuran
b.      Stylet ( sejenis kawat yang dimasukkan kedalam kateter atau kanul dan menjaga kanul tersebut agar tetap kaku atau tegak.
c.       Laringoskop, bengkok dan berujung lurus
d.      Forsep Macgill ( hanya untuk intubasi nasotrakeal )
e.       Jelli anastesi
f.       Kasa busa 4 x 4
g.      Spuit 10 cc
h.      Jalan nafas nasofaringeal
i.        Resusitasi Bag dengan adapter dan masker yang dihubungkan dengan tabung oksigen dan flow meter
j.        Peralatan penghisap lender
k.      Kanul penghisap dengan sarung tangan
l.        Ujung penghisap tonsil Yankauer
m.    Plester 1 cm
n.      Ventilator atau set oksigen
o.      Restrain
p.      Mesin monitor jantung atau EKG
q.      Peralatan henti jantung

6. Prosedur Tindakan
a.      Tindakan
1.       Ingatkan ahli terapi pernafasan, dan siapkan alat vebtilator atau set oksigen seperti yang dianjurkan oleh dokter
2.      Jelaskan prosedur pada pasien, jika mungkin. Pasang restrain jika diperlukan
3.      Yakinkan bahwa pasien mendapat terapi intravena yang stabil
4.      Tempatkan peralatan henti jantung disis tempat tidur
5.      Periksa untuk meyakinkan bahwa peralatan penghisap ( suction ) dan ambu bag sudah tersedia dan berfungsi dengan baik. Hubungkan ujung penghisap Yankauer pada sumbernya
6.      Jika pasien tidak dalam monitor jantung, hubungkan pada monitor atau pada mesin EKG
7.      Pindahkan alas kepala dan tempatkan pasien sedekat mungkin dengan bagian atas tempat tidur. Pasien harus dalam posisi sniffing, leher dalam keadaan fleksi dengan kepala ekstensi. Hal ini dapat dicapai dengan menempatkan 2-4 inci alas kepala di leher belakang bagian bawah.
8.      Tanyakan pada dokter tipe pisau operasi yang harus disiapkan dan ukuran dari ET tube yang akan digunakan
9.      Hubngkan mata pisau operasi pada`laringoskop, dan periksa bola lampu untuk medapatkan penerangan yang cukup
10.  Siapkan ET tube, dan kembangkan manset / balonnya untuk mengetahui adanya kebocoran dan pengembangan yang simetris
11.  Basahi ujung distal dari ET tube dengan jeli anstesi
12.  Masukkan stylet kedalam tube, yakinkan untuk tidak menonjol keluar dari ET tube
13.  Persipakan untuk meberikan obat-obatan intravena ( suksinilkholin atau diazepam )
14.  Pegang ET tube dengan bagian probe dan stylet pada tempatnya, laringoskop dengan mata pisau terpasang, dan jalan nafas orofaringeal kea rah dokter
15.  Observasi dan berikan dukungan pada pasien. Pertahankan terapi intravena, dan awasi adanya distrimia
16.  Berikan tekanan pada krikoid selama intubasi endotrakeal untuk melindungi regurgitasi isi lambung. Temukan kartilago krikoid dengan menekan raba tepat dibawah kartilago tiroid ( Adam’s Apple ). Bagian inferior yang menonjol kearah kartilaago adalah krikoid kartilago. Berikan tekanan pada bagian anterolateral dari kartilago tepat sebelah lateral dari garis tengah, gunakan ibu jari dan jari telunjuk. Pertahankan tekanan sampai manset endotrakeal dikembangkan
17.  Setelah ET tube pada tempatnya, kembangkan manset dengan isi yang minimal sebagai berikut :
a)      Selama inspirasi  ( bag resusitasi manual atau ventilator ), masukkan dengan perlahan udara kedalam garis manset. Tahan manset yang sudah dikembangkan selama siklus ekspirasi
b)      Ulangi dengan perlahan pengembangan manset selama siklus inspirasi tambahan
c)      Akhiri pemgembangan manset bila kebocoran sudah terhenti
18.   Lakukan penghisapan dan ventilasi
19.  Untuk memeriksa posisi ET tube, ventilasi dengan bag dan lakukan auskultasi bunyi nafas. Observasi penyimpangan bilateral dada.
20.  Fiksasi ET tube pada tempatnya dengan langkah sebagai berikut :
a)      Bagi pasien dengan intubasi oral yang bergigi lengmanset, masukkan jalan nafas oral-fariengeal atau batasan blok antar gigi. ( jika jalan nafas orofaringeal yang digunakan, ini harus dipendekkan sehingga tidak masuk kedalam faring posterior )
b)      Bagi 2 lembar plester, sebuah dengan panjang hampir 20-24 cm dan yang lain sekitar 14-16 cm ( cukup untuk mengelilingi kepala pasien dan melingkari sekitar ET tube beberapa waktu )
c)      Letakkan plester dengan panjang 20-24 cm pada daerah yang rata, tegakkan sisinya ke atas, dan balikkan kea rah plester dengan panjang 14-16 cm
d)     Oleskan kapur barus pada daerah sekitar mulut
e)      Tempatkan plester disamping leher pasien
f)       Letakkan satu ujung plester menyilang diatas bibir, kemudian ujungnya mengitari ET tube pada titik kearah mulut
g)      Letakkan ujung Yng lain dibawah bibir bawah menyilang dagu, kemudian ujungnya mengitari ET tube pada titik tube masuk ke mulut
h)      Lakukan auskultasi dada bilateral
b.      Tindak Lanjut
1. Pastikan bahwa ET tube telah terfiksasi dengan baik dan pasien mendapat ventilasi yang adekuat
2. Kaji sumber oksigen atau ventilator
3. Instruksikan untuk melakukan rontgen dada portable untuk memeriksa letak ET tube
4. Yakinkan dan beri rasa nyaman pasien
c.       Dokumentasi
1.      Ukuran dari ET tube dan perputaran dari insersi
2.      Hitung udara yang dibutuhkan untuk mencegah kelebihan jumlah udara
3.      Toleransi pasien terhadap prosedur

5. Komplikasi
a.       Memar, laserasi, dan abrasi
b.      Perdarahan hidung ( dengan intubasi nasotrakeal )
c.       Obstruksi jalan`nafas ( herniasi manset, tube kaku )
d.      Sinusitis ( dengan nasotrakeal tube )
e.       Rupture trakea
f.       Fistula trakeoesofageal
g.      Muntah dengan aspirasi, gigi copot, atau rusak
h.      Distrimia jantung





3.      KRIKOTOROIDOTOMI ( LARINGOTOMI DAN TRAKEOSTOMI )
1. Tujuan
Jika pernafasan pasien tersumbat dan tidak dapat dihilangkan dengan metode yang sederhana atau intubasi, untuk penatalaksanaan bedah jalan nafas darurat dengan aman dan cepat maka kadang perlu membuka saluran nafas dibawah tempat obstruksi. Anda dapat mencapainya melalui membrane krikotiroid, atau trakeanya.
Sebagai suatu  metode darurat yang bermanfaat. Metode ini akan menghilangkan obstruksi jalan nafas pasien seketika, mengurangi dead space sebesar 100 ml dan hampir mengandalkan ventilasi alveolar, memberikan suatu muaradi mana anda dapat melakukan pengisapan sekresi, meberikan jalan nafas yang dapat dilanjutkan untuk jangka waktu tak terbatas.

2. Indikasi
a.       Kedaruratan medis yang menutupi jalan nafas
·         Epiglolitis
·         Abses peritonsilar akut
·         Komplikasi pasca bedah
·         Trauma fasial
b.      Kemungkinan adanya cidera leher yang tidak stabil ketika intubasi nasotrakeal tidak dapat dilakukan dengan mudah

3. Kontra indikasi
a.       Tidak dianjurkan pada pasien pediatric dibawah 12 tahun. Karena 40-50 % kasus pneumotoraks berkembang setelah dilakukan prosedur bedah jalan nafas
b.      Cedera pada trakea bila daerah yang sakit tidak mudah untuk dikenali



4. Peralatan
a.       Betadine
b.      Kasa penyerap 4x4
c.       Kemasan kasa
d.      Jarum kateter No. 12 dan No. 14
e.       Peralatan Jetinsuflasi :
·         Konektor berbentuk Y dan tabung oksigen
·         Sumber oksigen di dinding atau tabing oksigen dengan flow meter
f.       Spuit 5 atau 10 cc
g.      Hemostats
h.      Tube trakeostomi No. 4 dan No. 5
i.        Endotrakeal Tube ( ET ) 3,0 mm
j.        Lidokain ( tanpa epinefrin ) 10 ml
k.      Perban
l.        Retractor, hok trakeal, spreder trakea ( peregang )
m.    Masker, sarung tangan, gaun
n.      Elektrokauter
o.      Sumber cahaya

5. Prosedur tindakan
a.      Needle Krikotiroidotomi
1.      Kaji jalan nafas pasien, pernafasan, dan sirkulasi ( ABC ), dan pertahankan untuk melindungi serta menberikan jalan nafas yang adekuat
2.      Ingatkan dokter terhadap kemungkinan adanya bahaya jalan nafas
3.      Kaji pernafasan secara adekuat, benda asing dalam rongga mulut
4.      Lakukan analisa gas darah
5.      Pasang peralatan, stop kontak pada elektrokauter
6.      Berikan sedative jika diperlukan
7.      Baringkan pasien dalam posisi dengan leher sejajar
8.      Bantu dokter dalam menyiapkan daerah leher
9.      Arahkan sumber cahaya pada daerah leher
10.  Bantu dokter menggunakan sarung tangan, gaun, masker
11.  Bantu dokter dalam membatasi daerah steril
12.  Buka jarum kateter arahkan pada daerah steril
13.  Buka endotrakeal tube
14.  Hubungkan Y konektor ke tabung oksigen dengan flow meter menunjukkan angka 15 L/menit ( 50 psi )
15.  Bantu dokter dalam menusukkan jarum 45º ke dalam bagian tengah bawah dari membrane krikotiroid
16.  Observasi terhadap adanya aspirasi udara
17.  Bantu dalam mengontrol perdarahan bila terlihat
18.  Kaji ekspansi paru dengan cara auskultasi
19.  Amankan peralatan pada leher
b.      Bedah Krikotiroidotomi
1.      Kaji jalan nafas pasien, pernafasan, dan sirkulasi ( ABC ), dan pertahankan untuk melindungi serta menberikan jalan nafas yang adekuat
2.      Ingatkan dokter terhadap kemungkinan adanya bahaya jalan nafas
3.      Kaji pernafasan secara adekuat, benda asing dalam rongga mulut
4.      Lakukan analisa gas darah
5.      Pasang peralatan, stop kontak pada elektrokauter
6.      Berikan sedative jika diperlukan
7.      Baringkan pasien dalam posisi dengan leher sejajar
8.      Bantu dokter dalam menyiapkan daerah leher
9.      Arahkan sumber cahaya pada daerah leher
10.  Bantu dokter menggunakan sarung tangan, gaun, masker
11.  Bantu dokter dalam membatasi daerah steril
12.  Jika pasien sadar, bantu dokter dalam melakukan anastesi local
13.  Buka ET atau Tube trakeostomi seperti yang dimaksud, arahkan pada daerah steril
14.  Bantu dalam menyiapkan ventilator, atau persediaan oksigen dengan adaptor
15.  Bantu dokter mengarahkan cahaya pada leher, pertahankan leher dalam posisi netral, pastikan spuit siap untuk mengembangkan manset trakeostomi
16.  Bantu dalam mengatasi perdarahan jika terlihat
17.  Observasi ekspansi dada setelah manset dikembangkan
18.  Lakukan auskultasi dada secara bilateral untuk mengetahui ventilasi yang adekuat
19.  Bantu dokter dalam melakukan fiksasi tube
c.       Tindak lanjut
1.      Bantu ahli terapi pernafasan dalam memastikan ventilasi  yang adekuat
2.      Kaji kembali ABC pasien ( jalan nafas, pernafasan, sirkulasi )
3.      Lanjutkan pemeriksaan ulang analisa gas darah
4.      Lanjutkan pengawasan dan pencatatan tanda-tanda vital serta tingkat kesadaran pasien
5.      Bantu dalam melanjutkan intervensi darurat
6.      Ingatkan kamar operasi bila pasien memerlukan tindakan bedah lebih lanjut
d.      Dokumentasi
1.      Kenali pengkajian pada pasien
2.      Prosedur yang digunakan dan hasilnya
3.      Kelanjutan dari pengkajian pernafasan

4. Komplikasi
a.       Stenosis trakea
b.      Perdarahan yang mungkin sulit terkontrol
c.       Asfiksia
d.      Aspirasi
e.       Selulitis
f.       Perforsasi esophagus
g.      Hematom yang mengeluarkan darah
h.      Perforasi dinding trakea posterior
i.        Perforasi tiroid
j.        Ventilasi yang tidak adekuat yanh mengarah pada hipoksia atau kematian
k.      Stenosis laryngeal
l.        Laserasi pada esophagus
m.    Kelumpuhan pita suara
n.      Serak





















BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Obstruksi jalan napas atas adalah gangguan yang menimbulkan penyumbatan pada saluran pernapasan bagian atas. Beberapa gangguan yang merupakan obstruksi pada jalan napas atas, diantaranya Obstruksi Nasal, Obstruksi Laring. Obstruksi jalan nafas tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor baik dari faktor penyakit, cedera dan sebagainya.
Perawatan yang dapat dilakukan pada pasien dengan obstruksi jalan nafas yaitu segera setelah mengetahui bahwa pasien mengalami obstruksi jalan nafas untuk dilakukan tindakan yakni dengan mengekstensikan leher pasien dan tarik rahang kea rah depan. Keluarkan sisa muntahan dan benda asing dari faring dengan jari tangan. Lalu masukkan oropharingeal airway.
Terdapat banyak keadaan yang akan menyebabkan kematian dalam waktu singkat, tetapi semuanya berakhir pada satu akhir yakni kegagalan oksigenasi sel, terutama otak dan jantung. Usaha yang dilakukan untu mempertahankan kehidupan pada saat penderita mengalami keadan yang mengancam nyawa yang dikenal sebagai “Bantuan Hidup” (Life Support). Bila usaha Bantuan Hidup ini tanpa memakai cairan intra-vena, obat ataupun kejutan listrik maka dikenal sebagai Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support).
Yang harus dilakukan pada BHD adalah :
d.      Airway (jalan nafas)
e.       Breathing (pernafasan)
f.       Circulation (jantung dan pembuluh darah)
Tindakan-tindakan darurat yang umum dilakukan pada penderita dengan gangguan obstruksi jalan nafas : abdominal thrust, chest thrust,  back blow, intubasi endotrakeal, krikotoroidotomi. Tindakan-tindakan tersebut merupakan tindakan yang dapat dilakukan tanpa alat smpai menggunakan alat dan melalui proses pembedahan.
B.     Saran
Suatu peristiwa yang mengancam jiwa tidaklah dapat diketahui dan dapat terjadi secara tiba-tiba. Hal ini dapat terjadi diman saja, kapan saja, dan dapat tertimpa siapa saja. Jadi keselamatan diri sangat perlu diterapkan pada diri kita. Seperti halnya pada perawat atau tenaga medis lainnya, bila menemukan suatu keadaan drurat terjadi pada pasien, hendknya tenaga kesehatan terlebih dahulu memperhatikan pelindung diri. Umtuk menolong pasien dengan cedera yang dalam keadaan darurat maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni Basic Life Support asien yakni berupa tindakan ABC yakni Airway, Breathing dan Circulation. Namun dalam setiap mealkukan tindakan hendaknya tenaga medis terlebih dahulu mengamankan kondisi lingkungan serta meminta bantuan dengan orang lain baru bertindak melakukan pertolomgam pada pasien, setelah itu lakukan rujukan ke tepmpat pelayanan kesehatan terdekat.

















DAFTAR PUSTAKA


·         Greenberg, Michael I, dkk. 2008. Teks-Atlas Kedokteran Kedaruratan jilid 1. Jakarta : Erlangga

·         King, Maurice, dkk. 2001. Bedah Primer : Tarauma. Jakarta : EGC

·         Mancini, E Mary. 1994. Pedoman Praktis Prosedur Keperawatan Darurat. Jakarta : EGC

·         Ilhamsyah. Kamis, 10 Juli 2008. Obstruksi Jalan Nafas. www. Health Reference-ilham.blogspot.com. Diakses pada 2 Maret 2009, 11.47 WITE.

·         Harry Wahyudhy Utama, S.Ked. 11 Juli 2007. Trakeostomi (Tracheostomy). www.blogspot.com Diakses pada 2 Maret 2009, 11.45 WITE.

·         Ilhamsyah. Senin, 7 Juli 2008. Intubasi Endotrakeal. www. Health Reference-ilham.blogspot.com Diakses pada 2 Maret 2009, 11.55 WITE.

·         Rohman Azzam. Jumat, 15 Februari 2008, 03.13 pm. Mengatasi Sumbatan Jalan Napas Oleh Benda Asing. http//:www.kegawatdaruratan.blogspot.com. Diakses pada 24 Februari 2009, 10.00 WITE



No comments:

Post a Comment